Sunday, January 5, 2020

Produsen Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Muara Enim . Perkampungan Tumang, Jateng posisinya di antara kaki gunung Merapi and Merbabu yang banyak dikenal . Perkampungan tsb disebut sebagai pusat bisnis kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Jateng. Lebih dari satu family Cepogo-Boyolali memilih usaha rumahan kerajinan logam untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Skill menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekadar membuat alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, teko, & lainnya akan tetapi saat ini sudah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk kebutuhan eksterior cafe, kantor, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Jateng, masa ini, mulai bergairah dg naiknya orderan, baik orderan nasional atau internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan tetap berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di Republik Indonesia & luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya yakni adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi internet maka mau memudahkan para industri kerajinan logam untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke semua daerah & banyak negara. Teknologi internet sangat memudahkan para industri kerajinan logam. Salah satu industri kerajinan logam yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke batam. Nggak sekadar tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke solok.


Contoh Kerajinan Logam yakni robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Konsumen jg bisa mengorder kerajinan logam sesuai dg keinginannya. Mereka dapat memiliki design pribadi selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mungkin sahaja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam sangat beragam akan tetapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam ditentukan oleh banyak variabel. Berikut ini yakni banyak variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dimanfaatkan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya semakin murah sebab bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya semestinya secara otomatis dikenai ongkir.

Kendala para perajin kerajinan logam tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam akan naik. Permasalahan lainnya, perajin Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa mendapat harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tsb, pengrajin kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengrajin kerajinan logam harus inovatif & harus menyesuaikan permintaan prospek. Sekarang ini AA Gallery tak sekadar mendapat orderan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk kebutuhan hiasan kantor tetapi sudah bertambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg terbilang besar. Berhubungan dengan ukiran kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tak sekadar satu sahaja melainkan sangat banyak.

Islamic Center tsb sudah dibuka secara resmi oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tsb maka selanjutnya mjd pusat kegiatan & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari dumai. Dengan modal pengalaman puluhan th berkarya seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu metode untuk membuat seni kuningan yang memiliki kualitas & cocok yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.