Saturday, October 3, 2009

Saya harus belajar dari pengalaman atas terhapusnya beberapa web saya yang terkena penalti dari google. Untungnya penalti tersebut masih berupa penghapusan beberapa artikel saja tidak semua artikel. Salah satu artikel saya yang terkena penalti adalah artikel Mengembalikan Jati Diri Bangsa. Sedangkan arikel Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di pandeglang masih dalam posisi aman. Setidaknya untuk saat ini hingga tulisan ini di publish.

Walaupun artikel web pandeglang saya masih aman dari penalti google saya masih was-was dan khawatir akan terhapus juga mngingat waktu kontes yang tinggal sdikit lagi. Kini saya harus benar-benar belajar lagi jangan sampai kejadian tersbut terulang untuk web-web saya yang lain. Kalau samapai terjadi saya bisa tujuh keliling memikirkan untuk mengembalikannya.

Dan saya juga berpesan kepada kontestan yang lain, harap berhati-hati dalam mengoptimasi web pandeglangnya agar tidak terkena penlalti oleh google. Pelajari TOS nya google. Itu kalau anda tidak ingin seperti apa yang saya alami. Dan mungkin juga seperti kontestas Stop dreaming Start Action beberapa yang lalu yang mana saat-saat final mereka terkena hukuman juga oleh google padahal mereka sudah beberapa minggu berada di halaman pertama SERP google.

Mungkin saya terlambat belajar dari pengalaman mereka, sehingga saya sendiri juga ikut-ikutan terkena penalti. Dan saya kira inilah pelajaran terpenting bagi saya berakitan dengan masalah per-seo-an. Walaupun saya belum expert dalam masalah seo ini, saya ingin sharing maslah ini kepada anda. Karena saya benar-benar mengalami atas kejadian yang menimpa beberapa web saya. Silakan anda tidak percaya dan mengabaikan TOS google dan tunggu saja google bertindak.

Kini web pandeglang saya juga sulit untuk di index oleh google, mungkin google sudah menganggap web saya spam jadi nggak melakukan index secara rutin lagi. Dan yang bisa saya lakukan adalah bagaimana mengembalikan web saya tersebut, kini saya masih berfikir untuk itu.