Sunday, January 5, 2020

Ahli Kerajinan Logam Melayani Konsumen Kabupaten Mahakam Hulu . Kampung Tumang, Boyolali lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Kampung Tumang tsb diketahui sebagai sentra bisnis kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali. Lebih dari satu keluarga Jateng membangun kerja di rumah kerajinan logam buat dipasarkan ke banyak konsumen. Skill menempa logam diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dengan cuma membuat alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, ceret, dan sebagainya tapi sekarang sudah beralih ke kerajinan kuningan buat keperluan dekorasi cafe, kantor, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang pesat. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita dan luar negeri. Orderan kerajinan kuningan meningkat cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak variabel, diantaranya ialah hadirnya teknologi website. Dengan hadirnya teknologi website maka akan memudahkan para perajin kerajinan logam buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua wilayah dan manca negara. Teknologi website begitu memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mempromosikan produk kerajinan tembaga ke magelang. Tdk cuma tsb saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke jakarta selatan.


Contoh Kerajinan Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan logam sesuai dengan keinginannya. Mereka dapat punya design pribadi selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja banyak yang menanyakan harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan logam begitu bermacam-macam tapi AA Gallery akan berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Diantaranya sbb ini ialah beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya semakin murah disebabkan bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak permintaan tentu saja semakin murah), jika permintaan dari wilayah lainnya tentu saja otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan kuningan tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Ketika harga lempengan logam mahal maka harga kerajinan kuningan akan mahal. Permasalahan lainnya, pengrajin Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dpt mendapat harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dpt eksis walau minim untung. Oleh disebabkan tsb, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tdk mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diwajibkan inovatif dan diwajibkan memantau selera konsumen. Saat ini AA Gallery tdk cuma mendapat permintaan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan asesoris hotel namun sudah merambah pada projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan design kubah dpt menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk cuma satu saja melainkan cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tsb sudah dibuka secara resmi oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tsb maka kemudian mjd sentra aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan tembaga dari banjarmasin. Dengan bekal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah paham metode guna membuat kerajinan tembaga yang ber-quality dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang penting pelanggan puas.