Sunday, January 5, 2020

Ahli Seni Ukir Logam Melayani Pelanggan Kabupaten Barito Utara . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah terletak diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang banyak dikenal itu. Desa tsb diketahui sbg pusat pengrajin kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan sudah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak saudara Tumang membangun usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Skill mengukir kuningan diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai usaha kerajinannya dg sekedar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya dandang, panci, ceret, dan lainnya walau demikian kini sudah beralih ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan dekorasi cafe, kantor, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai memberi harapan dg naiknya permintaan, baik permintaan lokal maupun luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga terus tumbuh pesat. Banyak permintaan datang dari beragam daerah di NKRI dan luar negeri. Permintaan kerajinan tembaga bertambah cukup signifikan ini karena oleh banyak variabel, contohnya yakni hadirnya teknologi internet. Dg hadirnya teknologi internet maka mau menolong para produsen kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi internet sangat menolong para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke solok. Nggak sekedar itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke bali.


Contoh Seni Kuningan yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, dan lainnya. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan sesuai dg kemauannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan sangat beraneka ragam walau demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yakni banyak variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal karena bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil tentu saja harganya semakin murah karena bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harganya juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu saja semakin murah), jika permintaan dari daerah lain di luar Tumang tentu saja otomatis ditambah biaya kirim.

Kendala para pengusaha kerajinan logam kuningan tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Permasalahan lain, pengusaha Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa memperoleh harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga kontinyu bermimpi kondisi ekonomi kontinyu stabil sehingga tdk mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan wajib inovatif dan wajib menyesuaikan selera prospek. Masa ini AA Gallery tdk sekedar memperoleh permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan untuk kebutuhan eksterior hotel tapi sudah bertambah pd produksi kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid juga bernilai besar. Berhubungan dengan desain kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tdk sekedar satu saja tetapi cukup banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian mjd pusat kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari kediri. Dengan modal pengalaman berpuluh tahun thn menghasilkan seni kuningan, AA Gallery bertambah mengetahui metode untuk memproduksi seni kuningan yang memiliki kualitas dan sesuai yang diinginkan oleh semua konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang penting konsumen puas.