Sunday, January 5, 2020

Perajin Kerajinan Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Kepulauan Mentawai . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yg banyak dikenal . Kampung tersebut diketahui sebagai sentra pengrajin kerajinan tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan kuningan sudah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak keluarga di sana memilih usaha rumahan kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke berbagai konsumen. Skill mengukir kuningan dipunyai secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yg menjelaskan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dg cuma memproduksi alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, teko, juga lainnya walau demikian saat ini sudah beralih ke kerajinan kuningan untuk keperluan ornamen masjid, rumah, juga lain.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menarik dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan nasional dan juga luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terkendali. Banyak pesanan datang dari berbagai daerah di Negara Tercinta juga luar negeri. Pesanan kerajinan tembaga mengalami penambahan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, diantaranya ialah hadirnya teknologi website. Dg hadirnya teknologi website maka mau membantu para industri kerajinan kuningan untuk mengenalkan produknya ke semua daerah juga berbagai negara. Teknologi website cukup membantu para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yg terbantu ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke padang. Nggak cuma itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke tual.


Contoh Seni Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, juga lainnya. Pelanggan jg bisa memesan kerajinan tembaga sesuai dg kemauannya. Mereka dpt punya design pribadi selanjutnya AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja banyak yg ingin tahu harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan tembaga cukup bermacam-macam walau demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg pas. Harga kerajinan tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Berikut ini ini ialah banyak parameter yg mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yg dipakai semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil sudah sewajarnya harganya juga murah disebabkan bahan yg dipakai juga sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari daerah lainnya sudah sewajarnya mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Kendala para industri kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan jg mahal. Permasalahan lain, industri Tumang masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen bisa mendapat harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga tetap menginginkan kondisi ekonomi tetap stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan logam kuningan diharuskan inovatif juga diharuskan menyesuaikan selera masyarakat. Kini AA Gallery tidak cuma mendapat pesanan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan hiasan hotel namun sudah bertambah pada proyek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg keren ialah AA Gallery mendapat kepercayaan untuk memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak cuma satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka kemudian mjd sentra kegiatan juga ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari banjarmasin. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun thn berkarya seni logam, AA Gallery bertambah mengetahui teknik untuk memproduksi seni logam yg ber-quality juga sesuai yg diinginkan oleh semua konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau laba sedikit yg penting konsumen puas.