Sunday, January 5, 2020

Produsen Kerajinan Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Maluku Tengah . Perkampungan Tumang, Cepogo lokasinya diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yg termahsyur itu. Perkampungan Tumang tsb diketahui sebagai sentra perajin kerajinan kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd orang Tumang, Cepogo. Lebih dari satu keluarga Tumang memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak pasar. Skill mengukir kuningan didapati secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yg menceritakan bahwa orang Tumang mengawali bisnis kerajinannya dg hanya membuat alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, teko, & lain-lain akan tetapi sekarang ini telah bertolak ke kerajinan logam untuk kebutuhan eksterior cafe, kantor, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Cepogo, kini, mulai memberi harapan dg naiknya jumlah orderan, baik orderan nasional ataupun manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang pesat. Banyak orderan datang dari banyak daerah di Negara Kita & luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan bertambah begitu signifikan ini karena oleh banyak faktor, diantaranya yakni adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi internet maka ingin memudahkan para produsen kerajinan kuningan untuk mengiklankan produknya ke seluruh daerah & berbagai negara. Teknologi internet sangat memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yg tertolong yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tidore kepulauan. Tidak hanya tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke ternate.


Contoh Kerajinan Logam yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, kubah masjid, air mancur, & lainnya. Pelanggan juga bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dg keinginannya. Mereka bisa mempunyai rancangan pribadi kemudian AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam tembaga sangat beragam akan tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yg kompetitif. Harga kerajinan logam tembaga disebabkan oleh banyak faktor. Banyak hal sbb ini yakni banyak faktor yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga tentu harganya semakin tinggi karena bahan baku yg digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu harganya juga murah karena bahan yg digunakan juga sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak orderan tentu juga murah), jika orderan dari daerah lain tentu otomatis dikenai ongkir.

Problem para pengusaha kerajinan logam tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yg nggak stabil bisa mempengaruhi jumlah orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam tembaga juga mahal. Problem lainnya, pengusaha Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa mendapat harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tersebut, ahli kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil jadi nggak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam tembaga.

Sebagai ahli kerajinan logam tembaga diwajibkan kreatif & diwajibkan menyesuaikan permintaan pasar. Saat ini AA Gallery nggak hanya mendapat orderan kerajinan logam tembaga yg dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel tetapi telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Tentang hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery mendapat kepercayaan untuk membuat & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery kerjakan nggak hanya satu sahaja tetapi cukup banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka selanjutnya mjd sentra aktivitas & ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan kuningan dari pematang siantar. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengetahui metode untuk membuat kerajinan tembaga yg berkelas & sesuai yg diinginkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yg urgen konsumen terpuaskan.