Sunday, January 5, 2020

Pengusaha Seni Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Toba Samosir . Perkampungan Tumang, Jawa Tengah lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tsb diketahui sbg pusat produsen seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pada publik Tumang, Jawa Tengah. Banyak saudara Cepogo-Boyolali memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke berbagai konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang bercerita bahwa publik Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekedar menghasilkan alat keperluan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, wajan, baskom, dan sebagainya akan tetapi sekarang ini sudah beralih ke kerajinan logam buat keperluan asesoris hotel, rumah, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menarik dengan naiknya pesanan, baik pesanan daerah atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan tetap berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari berbagai wilayah di NKRI dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga mengalami penambahan signifikan ini karena oleh banyak parameter, diantaranya yaitu adanya teknologi internet. Dg adanya teknologi website maka ingin memudahkan para produsen kerajinan kuningan buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah dan berbagai negara. Teknologi website cukup memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke jakarta barat. Tdk sekedar itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke bali.


Contoh Kerajinan Logam yaitu kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, dan lainnya. Pembeli juga dpt mengorder kerajinan tembaga sesuai dengan seleranya. Mereka dpt memiliki design pribadi kemudian AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn saja banyak yang menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan tembaga cukup bervariasi akan tetapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Antara lain ini yaitu banyak parameter yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi karena bahan yang digunakan bertambah banyak, demikian sebaliknya semakin kecil tentunya harganya semakin murah karena bahan yang digunakan semakin sedikit), tingkat kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain tentunya akan dikenai ongkir.

Permasalahan para pebisnis kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil dpt mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Permasalahan lain-lain, pebisnis Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan dpt menerima harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dpt eksis meski minim untung. Oleh karena itu, perajin kerajinan tembaga kontinyu berdoa kondisi ekonomi kontinyu stabil shngg tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan harus inovatif dan harus memantau permintaan prospek. Sekarang ini AA Gallery tidak sekedar menerima pesanan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan hiasan kantor tetapi sudah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan ukiran kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan yaitu AA Gallery menerima kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekedar satu saja tapi banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak dibukanya Islamic Center itu maka setelah itu menjadi pusat kegiatan dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Sumatera Barat.

Sesudah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan tembaga dari binjai. Bermodalkan pengalaman puluhan tahun berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin paham metode guna menghasilkan kerajinan logam yang berkualiti dan sesuai yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.