Sunday, January 5, 2020

Pengusaha Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Bangka . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berada di antara kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal . Kampung tsb dikenal sbg pusat pengusaha seni tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd publik Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak keluarga Cepogo-Jawa Tengah membangun kerja rumahan kerajinan logam buat dipasarkan ke banyak konsumen. Keahlian menempa logam dimiliki secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, alat merebus air, & lain-lain akan tetapi kini sudah bertolak ke kerajinan logam buat kebutuhan asesoris hotel, kantor, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, kini, mulai menarik dgn naiknya permintaan, baik permintaan daerah ataupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga semakin berkembang pesat. Banyak permintaan berdatangan dari banyak daerah di Republik Indonesia & luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga bertambah begitu signifikan ini sebab oleh banyak parameter, diantaranya adalah hadirnya teknologi dunia maya. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin membantu para produsen kerajinan logam buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh daerah & manca negara. Teknologi internet membantu para produsen kerajinan logam. Salah satu produsen kerajinan logam yang tertolong adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke tanjung pinang. Tdk sekadar tersebut saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke jogja.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, & lain-lain. Konsumen juga bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt punya rancangan sendiri lalu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan beragam akan tetapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini adalah beberapa parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal sebab bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin mini sudah sewajarnya harganya semakin murah sebab bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya juga murah), untuk permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang sudah sewajarnya akan dikenai ongkir.

Problem para industri kerajinan logam tembaga tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Problem lain-lain, industri Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer bisa memperoleh harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh sebab tersebut, pengusaha kerajinan tembaga tetap ingin stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau keinginan masyarakat. Sekarang ini AA Gallery tak sekadar memperoleh permintaan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan kantor tetapi sudah bertambah pd pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah bisa mengikuti kemauan customer.

Pd Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tak sekadar satu sahaja melainkan begitu banyak.

Islamic Center tersebut sudah diresmikan oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tersebut maka selanjutnya menjadi pusat kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, kini AA Gallery meningkat percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan tembaga dari surakarta. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi seni tembaga, AA Gallery semakin tahu metode untuk memproduksi seni tembaga yang berkualitas & sesuai yang diinginkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting customer terpuaskan.