Sunday, January 5, 2020

Bisnis Kerajinan Logam Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Kolaka . Desa Tumang, Jawa Tengah berlokasi diapit lereng gunung Merapi & Merbabu yang terkenal . Desa tersebut dikenal sbg pusat industri seni tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd orang Tumang, Jawa Tengah. Banyak saudara Cepogo-Boyolali mendirikan kerja rumahan kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke beragam konsumen. Keahlian mengolah kuningan dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai kerja kerajinannya dgn cuma membuat alat keperluan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, panci, alat merebus air, and lainnya walaupun demikian sekarang telah berganti ke kerajinan tembaga untuk keperluan asesoris masjid, gedung, and lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di kampung Tumang, Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menggeliat dgn naiknya pesanan, baik pesanan nasional atau internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga terus tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan berdatangan dari beragam daerah di Negara Tercinta and luar negeri. Orderan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya ialah munculnya teknologi cyber. Dengan munculnya teknologi website maka mau membantu para produsen kerajinan kuningan untuk mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah and berbagai negara. Teknologi website membantu para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke langsa. Tidak cuma itu saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pekanbaru.


Contoh Seni Logam Tembaga ialah robyong, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, and lain-lain. Customer juga dpt memesan kerajinan logam sesuai dgn kemauannya. Mereka bisa punya desain sendiri selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan logam beragam walaupun demikian AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Antara lain ini ialah banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya juga murah disebabkan bahan yang dipakai juga sedikit), tingkat kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harga juga semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan tentunya semakin murah), untuk pesanan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya secara otomatis dikenai biaya kirim.

Permasalahan para ahli kerajinan logam tembaga tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dpt memengaruhi banyaknya pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Kalau harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam tembaga jg mahal. Problem lain, ahli Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dpt menerima harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis meskipun minim untung. Oleh disebabkan itu, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi kondisi ekonomi terus-menerus stabil shngg tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengrajin kerajinan logam tembaga wajib inovatif and wajib memantau permintaan prospek. Masa ini AA Gallery tidak cuma menerima pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi rumah tetapi telah merambah pd proyek kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berkaitan dengan design kubah dpt menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery menerima kepercayaan untuk membuat and memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak cuma satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian menjadi pusat aktivitas and ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari kediri. Berbekal pengalaman puluhan thn memproduksi kerajinan logam, AA Gallery bertambah paham metode guna membuat kerajinan logam yang berkualitas and sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting pelanggan puas.