Sunday, January 5, 2020

Bisnis Seni Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Tebo . Kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah posisinya di antara kaki gunung Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Kampung Tumang tsb dikenal sebagai pusat pengusaha kerajinan kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Beberapa keluarga Tumang mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke bermacam konsumen. Keahlian mengolah kuningan diwarisi secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menceritakan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekadar membuat alat perkakas rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, ceret, serta sebagainya walaupun demikian sekarang sudah bertolak ke kerajinan logam untuk keperluan ornamen cafe, kantor, serta lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, saat ini, mulai menarik dg meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional atau manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan semakin berkembang cepat. Banyak permintaan berdatangan dari bermacam wilayah di Negara Kita serta manca negara. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya ialah adanya teknologi cyber. Dgn adanya teknologi internet maka ingin menolong para pengrajin kerajinan kuningan untuk menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah serta manca negara. Teknologi internet sangat menolong para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke medan. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke banjarbaru.


Contoh Kerajinan Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, serta lainnya. Pembeli juga dapat mengorder kerajinan logam sesuai dg keinginannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi kemudian AA Gallery yang memproduksinya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam itu. Harga kerajinan logam sangat beragam walaupun demikian AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini ini ialah lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin mahal dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya juga murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan sudah sewajarnya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lain sudah sewajarnya akan ditambah ongkir.

Permasalahan para industri kerajinan logam tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam juga naik. Problem lain, industri Boyolali masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dapat mendapatkan harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, pengusaha kerajinan tembaga tetap ingin kondisi ekonomi tetap stabil shngg tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam wajib kreatif serta wajib memantau selera konsumen. Kini AA Gallery tidak sekadar mendapatkan permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel tetapi sudah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Tentang desain kubah dapat mengikuti keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tidak sekadar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah memiliki pengalaman sejak thn 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan tembaga dari baubau. Bermodal pengalaman berpuluh tahun thn memproduksi kerajinan kuningan, AA Gallery semakin mengetahui metode untuk membuat kerajinan kuningan yang berkualiti serta sesuai yang diharapkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting pelanggan puas.