Sunday, January 5, 2020

Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Pasar Kota Pontianak . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali posisinya di antara kaki gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Desa Tumang tersebut diketahui sebagai sentra ahli seni ukir tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah menyatu pada khalayak Tumang, Cepogo-Boyolali. Banyak keluarga Cepogo-Boyolali memilih usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke banyak konsumen. Skill mengolah kuningan dimiliki secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Tidak sedikit yang menyampaikan bahwa khalayak Tumang mengawali usaha kerajinannya dg sekadar menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, ceret, dan lainnya akan tetapi masa ini telah berganti ke kerajinan logam tembaga untuk keperluan dekorasi restoran, rumah, dan lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Boyolali, sekarang ini, mulai memberi harapan dg naiknya jumlah pesanan, baik pesanan lokal maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga tetap berkembang cepat. Banyak pesanan berdatangan dari banyak wilayah di Negeri Kita dan manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga meningkat sangat signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya ialah adanya teknologi internet. Dgn adanya teknologi internet maka akan memudahkan para produsen kerajinan kuningan untuk menawarkan produknya ke semua wilayah dan banyak negara. Teknologi internet amat memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang terbantu ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan tembaga ke malang. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery juga menawarkan produk kerajinan tembaga ke subulussalam.


Contoh Kerajinan Kuningan ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Pembeli juga bisa mengorder kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka dapat punya desain sendiri selanjutnya AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam amat beraneka ragam akan tetapi AA Gallery akan berupaya memberikan harga yang pas. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini ini ialah banyak variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, besarnya kerajinan tembaga ( semakin besar besarnya kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya semakin kecil sudah sewajarnya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin tinggi harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harganya juga menjadi murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan sudah sewajarnya juga murah), untuk pesanan dari wilayah lain di luar Tumang sudah sewajarnya auto ditambah biaya kirim.

Problem para pebisnis kerajinan tembaga tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Permasalahan lain-lain, pebisnis Boyolali-Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa meraih harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, perajin kerajinan tembaga selalu berharap stabilitas ekonomi selalu stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai perajin kerajinan tembaga wajib inovatif dan wajib memantau keinginan prospek. Saat ini AA Gallery tidak sekadar meraih pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk keperluan interior rumah namun telah merambah pada proyek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa mengikuti keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery meraih kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak sekadar satu saja melainkan sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra aktivitas dan ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk meraih pesanan kerajinan kuningan dari bandung. Berbekal pengalaman puluhan th membuat seni tembaga, AA Gallery semakin paham cara guna menghasilkan seni tembaga yang bermutu dan cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meskipun untung sedikit yang penting pelanggan puas.