Sunday, January 5, 2020

Pengrajin Seni Kuningan Melayani Konsumen Kabupaten Banyu Asin . Kampung Tumang, Jateng berada di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yg terkenal . Kampung tersebut dikenal sebagai sentra produsen seni ukir kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pada masyarakat Tumang, Jateng. Banyak saudara Cepogo membangun bisnis rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke banyak konsumen. Ketrampilan mengukir tembaga didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yg bercerita bahwa masyarakat Tumang mengawali bisnis kerajinannya dgn sekadar membuat alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, wajan, teko, dan lain-lain namun saat ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat keperluan eksterior hotel, kantor, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di desa Tumang, Jateng, sekarang, mulai bergairah dgn meningkatnya permintaan, baik permintaan nasional atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari banyak wilayah di Indonesia dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan mengalami penambahan begitu signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya merupakan adanya teknologi dunia maya. Dgn adanya teknologi internet maka ingin membantu para ahli kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah dan berbagai negara. Teknologi internet sangat membantu para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yg terbantu merupakan AA Gallery. Sekarang AA Gallery dpt mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bontang. Nggak sekadar itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke langsa.


Contoh Seni Logam Tembaga merupakan lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, dan lain-lain. Pelanggan juga dpt memesan kerajinan logam tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka dapat memiliki desain sendiri lalu AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yg ingin tahu harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga sangat bermacam-macam namun AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Dibawah ini ini merupakan banyak parameter yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yg digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil tentunya harganya semakin murah dikarenakan bahan yg digunakan semakin sedikit), level kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin mudah, harganya juga semakin murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentunya juga murah), jika permintaan dari wilayah lainnya tentunya secara otomatis ditambah ongkir.

Problem para ahli kerajinan kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil dpt memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan kuningan. Disaat harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan kuningan jg naik. Permasalahan lain, ahli Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan dpt mendapat harga yg telah diputuskan pengrajin tembaga maka ahli tembaga dpt eksis walaupun minim untung. Oleh dikarenakan itu, pengrajin kerajinan tembaga terus-menerus menginginkan stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai pengrajin kerajinan kuningan diwajibkan kreatif dan diwajibkan menyesuaikan keinginan prospek. Sekarang AA Gallery tidak sekadar mendapat permintaan kerajinan kuningan yg dibutuhkan buat keperluan eksterior hotel tetapi telah merambah pada produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan design kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg keren merupakan AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak sekadar satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya menjadi sentra kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari cilegon. Dengan modal pengalaman puluhan tahun menghasilkan seni kuningan, AA Gallery semakin tahu teknik guna membuat seni kuningan yg berkualitas dan cocok yg diinginkan oleh semua pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg urgen pelanggan terpuaskan.