Sunday, January 5, 2020

Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Lombok Timur . Perkampungan Tumang, Boyolali terletak diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang termahsyur . Perkampungan tsb dikenal sebagai pusat bisnis seni ukir tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam sudah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali. Banyak keluarga Tumang membangun kerja rumahan kerajinan tembaga buat ditawarkan ke berbagai pasar. Skill menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dgn cuma memproduksi alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, panci, baskom, juga lain-lain tapi masa ini sudah berganti ke kerajinan logam buat keperluan dekorasi cafe, kantor, juga lainnya.





Seni ukir tembaga juga kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, sekarang, mulai menarik dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan nasional atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terkendali. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di Negara Kita juga manca negara. Orderan kerajinan tembaga mengalami penambahan begitu signifikan ini karena oleh banyak parameter, contohnya ialah hadirnya teknologi dunia maya. Dengan hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah juga banyak negara. Teknologi internet cukup memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dpt mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bali. Nggak cuma tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke depok.


Contoh Seni Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, ornamen masjid, bak mandi, juga lainnya. Customer juga dpt mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn seleranya. Mereka bisa mempunyai desain pribadi selanjutnya AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan logam tsb. Harga kerajinan logam tembaga cukup beraneka ragam tapi AA Gallery ingin berupaya memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak parameter. Dibawah ini ini ialah banyak parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( semakin besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal karena bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya semakin murah karena bahan yang dipakai semakin sedikit), level kerumitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin tidak sulit, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentu saja semakin murah), untuk permintaan dari daerah lainnya tentu saja secara otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para pengusaha kerajinan logam tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil dpt memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam. Kalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam juga naik. Permasalahan lainnya, pengusaha Tumang masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama pelanggan dpt menerima harga yang sudah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dpt eksis walau demikian minim untung. Oleh karena tsb, pebisnis kerajinan tembaga kontinyu menginginkan stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam.

Sebagai pebisnis kerajinan logam wajib kreatif juga wajib menyesuaikan permintaan konsumen. Masa ini AA Gallery tdk cuma menerima permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan buat keperluan eksterior kantor tetapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan desain kubah dpt menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan ialah AA Gallery menerima kepercayaan buat memproduksi juga memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery kerjakan tdk cuma satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center tsb sudah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia saat itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center tsb maka selanjutnya menjadi pusat aktivitas juga ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi khalayak Sumatera Barat.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk menerima permintaan kerajinan tembaga dari tangerang selatan. Berbekal pengalaman berpuluh tahun thn membuat kerajinan tembaga, AA Gallery semakin mengerti metode untuk memproduksi kerajinan tembaga yang bermutu juga cocok yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah untung sedikit yang urgen pelanggan puas.