Sunday, January 5, 2020

Perajin Kerajinan Tembaga Melayani Pasar Kabupaten Lampung Barat . Desa Tumang, Cepogo-Boyolali terletak diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Desa tsb dikenal sebagai sentra produsen kerajinan kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah menyatu pd publik Tumang, Cepogo-Boyolali. Beberapa family di sana mendirikan usaha rumahan kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Skill menempa tembaga diwarisi secara turun-temurun dari nenek-kakeknya. Banyak yang menceritakan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dgn cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga misalnya dandang, wajan, baskom, serta lainnya tetapi masa ini telah mengubah haluan ke kerajinan tembaga untuk keperluan eksterior restoran, gedung, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Boyolali, masa ini, mulai bergairah dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan terus tumbuh tak terelakan. Banyak permintaan datang dari beragam wilayah di Negara Kita serta luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan signifikan ini sebab oleh banyak variabel, diantaranya ialah munculnya teknologi website. Dengan munculnya teknologi internet maka mau memudahkan para perajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan kuningannya ke semua wilayah serta banyak negara. Teknologi internet begitu memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke sawahlunto. Tak cuma tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke magelang.


Contoh Kerajinan Tembaga ialah robyong, relief, bowl, lampu dinding, logo, kubah masjid, bak mandi, serta lainnya. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan kuningan sesuai dgn seleranya. Mereka dapat punya desain pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan kuningan begitu bermacam-macam tetapi AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan kuningan ditentukan oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini ialah beberapa variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal sebab bahan yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya bertambah mungil tentunya harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah mudah, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentunya semakin murah), untuk permintaan dari wilayah lain di luar Tumang tentunya mau-tidak mau ditambah ongkir.

Kendala para pebisnis kerajinan logam tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan logam. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Problem lainnya, pebisnis Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen dapat memperoleh harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pebisnis tembaga dapat eksis meski minim untung. Oleh sebab tersebut, perajin kerajinan tembaga terus-menerus ingin kondisi ekonomi terus-menerus stabil jadi tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai perajin kerajinan logam diharuskan kreatif serta diharuskan memantau permintaan masyarakat. Kini AA Gallery tak cuma memperoleh permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan untuk keperluan hiasan hotel tapi telah merambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Mengenai ukiran kubah dapat mengikuti keinginan konsumen.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menarik ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak cuma satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center tersebut telah dibuka oleh Bp. Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center tersebut maka setelah itu mjd sentra aktivitas serta ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari kupang. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th membuat seni kuningan, AA Gallery bertambah paham teknik guna menghasilkan seni kuningan yang berkelas serta sesuai yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang urgen konsumen puas.