Sunday, January 5, 2020

Pengusaha Kerajinan Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kota Sorong . Perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah terletak diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang terkenal . Perkampungan Tumang tsb dikenal sbg sentra produsen seni kuningan. Keindahan ukir kerajinan berbahan tembaga telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak family Tumang memilih bisnis di rumah kerajinan kuningan buat dijual ke beragam konsumen. Skill mengukir kuningan didapatkan secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat perkakas rumah tangga diantaranya dandang, panci, ceret, serta lain-lain akan tetapi kini telah berubah haluan ke kerajinan tembaga buat keperluan eksterior hotel, rumah, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, sekarang, mulai menarik dgn naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah maupun manca negara. Usaha kerajinan ukir kuningan selalu berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di NKRI serta manca negara. Permintaan kerajinan tembaga semakin begitu signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya adalah hadirnya teknologi cyber. Dgn hadirnya teknologi website maka mau menolong para industri kerajinan kuningan buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua daerah serta banyak negara. Teknologi website menolong para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang tertolong adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengenalkan produk kerajinan tembaga ke pagaralam. Tdk sekadar tsb saja, AA Gallery juga mengenalkan produk kerajinan tembaga ke malang.


Contoh Seni Logam adalah kerajinan kaligrafi, lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, logo, ornamen masjid, air mancur, serta lainnya. Customer juga bisa memesan kerajinan sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat memiliki rancangan pribadi selanjutnya AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan kuningan tsb. Harga kerajinan beraneka ragam akan tetapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak variabel. Berikut ini ini adalah banyak variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal sebab bahan baku yang digunakan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mini semestinya harganya jg murah sebab bahan yang digunakan jg sedikit), level kesulitan produksi ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin gampang, harga juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan semestinya juga murah), jika orderan dari daerah lain semestinya otomatis ditambah ongkir.

Problem para produsen kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan kuningan. Jika harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Permasalahan lain, produsen Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama customer bisa mendapat harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tsb, produsen kerajinan tembaga tetap ingin stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga tak mengganggu bisnis bisnis kerajinan kuningan.

Sebagai produsen kerajinan kuningan harus kreatif serta harus memantau permintaan prospek. Masa ini AA Gallery tak sekadar mendapat orderan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi hotel namun telah bertambah pd projek kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan desain kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekadar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi sentra kegiatan serta ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, kini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat orderan kerajinan tembaga dari padang sidempuan. Dengan bekal pengalaman puluhan th berkarya kerajinan logam, AA Gallery semakin mengetahui cara guna memproduksi kerajinan logam yang berkualiti serta cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun laba sedikit yang urgen customer puas.