Sunday, January 5, 2020

Perajin Seni Logam Melayani Pasar Kota Padang Panjang . Desa Tumang, Boyolali berlokasi di antara lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal itu. Desa Tumang tersebut disebut sbg sentra industri kerajinan tembaga. Estetika ukir kerajinan berbahan logam telah menyatu pd khalayak Tumang, Boyolali. Beberapa saudara Cepogo-Boyolali memilih usaha rumahan kerajinan tembaga buat ditawarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menceritakan bahwa khalayak Tumang memulai usaha kerajinannya dgn hanya memproduksi alat keperluan rumah tangga contohnya dandang, panci, teko, & lainnya namun sekarang telah bertolak ke kerajinan logam buat kebutuhan eksterior masjid, gedung, & lainnya.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, baru-baru ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya orderan, baik orderan nasional atau internasional. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu berkembang tak terelakan. Banyak orderan datang dari banyak daerah di Republik Indonesia & luar negeri. Permintaan kerajinan logam tembaga bertambah sangat signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yakni adanya teknologi website. Dengan adanya teknologi website maka mau memudahkan para perajin kerajinan tembaga buat mengiklankan produknya ke semua daerah & banyak negara. Teknologi website begitu memudahkan para perajin kerajinan tembaga. Salah satu perajin kerajinan tembaga yang terbantu yakni AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke palangkaraya. Tak hanya tersebut saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke solok.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga yakni kerajinan kaligrafi, lampu gantung, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, & lainnya. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt mempunyai design pribadi lalu AA Gallery yang memproduksinya.


Mungkin tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam kuningan begitu beragam namun AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Contohnya berikut ini ini yakni lebih dari satu variabel yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga sudah sewajarnya harganya bertambah mahal sebab bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mini sudah sewajarnya harganya semakin murah sebab bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), level kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian juga sebaliknya bertambah gampang, harganya jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan sudah sewajarnya semakin murah), untuk orderan dari daerah lain sudah sewajarnya otomatis ditambah biaya kirim.

Permasalahan para industri kerajinan logam tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tidak stabil bisa memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam. Ketika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Permasalahan lainnya, industri Jawa Tengah masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama konsumen bisa memperoleh harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tersebut, produsen kerajinan tembaga selalu menginginkan stabilitas ekonomi selalu stabil jadi tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam.

Sebagai produsen kerajinan logam harus inovatif & harus menyesuaikan permintaan pasar. Kini AA Gallery tidak hanya memperoleh orderan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan interior hotel namun telah merambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berhubungan dengan desain kubah bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Pada Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan yakni AA Gallery memperoleh kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tidak hanya satu sahaja tapi sangat banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka setelah itu menjadi sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut menjadi kebanggaan bagi khalayak Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang AA Gallery bertambah percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan kuningan dari sibolga. Dengan bekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi seni tembaga, AA Gallery bertambah paham metode guna memproduksi seni tembaga yang ber-quality & cocok yang diharapkan oleh seluruh konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting konsumen puas.