Sunday, January 5, 2020

Perajin Kerajinan Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Banjar . Perkampungan Tumang, Boyolali berada diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang termahsyur itu. Perkampungan tersebut disebut sbg pusat produsen seni ukir tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan kuningan telah mendarah daging pada khalayak Tumang, Boyolali. Banyak keluarga di sana memilih kerja rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke banyak pasar. Keahlian mengolah tembaga didapati secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Tidak sedikit yang menceritakan bahwa khalayak Tumang memulai kerja kerajinannya dg hanya memproduksi alat kebutuhan rumah tangga diantaranya alat menanak nasi, wajan, ceret, & sebagainya namun masa ini telah berubah haluan ke kerajinan kuningan buat keperluan dekorasi masjid, rumah, & lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di desa Tumang, Boyolali, baru-baru ini, mulai memberi harapan dg meningkatnya permintaan, baik permintaan daerah atau internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh cepat. Banyak permintaan datang dari banyak wilayah di Republik Indonesia & luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan semakin signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya yaitu munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi internet maka ingin memudahkan para ahli kerajinan tembaga buat mempromosikan kerajinan kuningannya ke seluruh wilayah & berbagai negara. Teknologi internet amat memudahkan para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang AA Gallery dapat mempromosikan produk kerajinan tembaga ke surabaya. Tak hanya itu saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke lubuklinggau.


Contoh Seni Logam yaitu lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, & lain-lain. Pembeli jg dapat mengorder kerajinan sesuai dg seleranya. Mereka dpt punya design sendiri lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin sahaja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan amat bervariasi namun AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang sesuai. Harga kerajinan dipengaruhi oleh banyak parameter. Banyak hal sbb ini yaitu lebih dari satu parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya juga murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tak sulit, harga jg semakin murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan tentu saja semakin murah), jika permintaan dari wilayah lainnya tentu saja akan dikenai biaya kirim.

Kendala para pengusaha kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan akan mahal. Problem lain, pengusaha Cepogo-Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer dapat meraih harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis walau minim untung. Oleh dikarenakan itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu berdoa stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu kerja kerja kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan wajib inovatif & wajib menyesuaikan selera pasar. Kini AA Gallery tidak hanya meraih permintaan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat keperluan interior kantor namun telah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai design kubah dapat mengikuti keinginan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery meraih kepercayaan buat memproduksi & memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery selesaikan tidak hanya satu saja tapi begitu banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu telah dibuka secara resmi oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi khalayak Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan kuningan dari palu. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah tahu teknik guna memproduksi seni logam yang berkelas & cocok yang diharapkan oleh seluruh customer. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting customer puas.