Sunday, January 5, 2020

Pengusaha Kerajinan Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Luwu . Desa Tumang, Boyolali-Jateng lokasinya diapit kaki pegunungan Merapi & Merbabu yang banyak dikenal . Desa tsb diketahui sebagai sentra ahli seni ukir tembaga. Seni ukir kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pada publik Tumang, Boyolali-Jateng. Banyak saudara Tumang mendirikan kerja rumahan kerajinan tembaga buat ditawarkan ke berbagai pasar. Keahlian menempa tembaga dimiliki secara turun-temurun dari kakek-neneknya. Banyak yang bercerita bahwa publik Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan sekedar memproduksi alat keperluan rumah tangga seperti dandang, wajan, teko, dan sebagainya walau demikian sekarang ini sudah mengubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan interior cafe, kantor, dan lain-lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jateng, akhir-akhir ini, mulai bergairah dengan meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak orderan berdatangan dari berbagai daerah di Negara Tercinta dan manca negara. Pesanan kerajinan logam tembaga semakin begitu signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya adalah hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi website maka ingin memudahkan para industri kerajinan tembaga buat menawarkan produknya ke seluruh daerah dan manca negara. Teknologi website cukup memudahkan para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yang tertolong adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat menawarkan produk kerajinan kuningan ke banten. Tidak sekedar tsb saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke bitung.


Contoh Seni Tembaga adalah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, dan lain-lain. Customer jg dapat memesan kerajinan logam sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa memiliki rancangan pribadi AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn sahaja tidak sedikit yang ingin tahu harga kerajinan tembaga tsb. Harga kerajinan logam cukup bermacam-macam walau demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini adalah lebih dari satu variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi sebab bahan yang digunakan semakin banyak, demikian juga sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya juga murah sebab bahan yang digunakan juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian juga sebaliknya bertambah mudah, harga jg juga murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan semestinya juga murah), untuk orderan dari daerah lainnya semestinya akan ditambah biaya kirim.

Kendala para pengrajin kerajinan tembaga nggak sedikit. Stabilitas ekonomi yang nggak stabil dapat memengaruhi jumlah orderan. Harga bahan jg memengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan tembaga akan mahal. Problem lain-lain, pengrajin Boyolali masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dapat mendapatkan harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tsb, ahli kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil jadi nggak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai ahli kerajinan tembaga diharuskan kreatif dan diharuskan memantau permintaan prospek. Kini AA Gallery nggak sekedar mendapatkan orderan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior hotel tapi sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg bernilai besar. Tentang desain kubah dapat mengikuti kemauan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lampau, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat memproduksi dan memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tsb. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak sekedar satu sahaja melainkan banyak.

Islamic Center Padang Panjang tsb sudah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia saat itu. Sejak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang tsb maka kemudian menjadi sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tsb menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan tembaga dari makassar. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th membuat seni logam, AA Gallery bertambah tahu cara untuk memproduksi seni logam yang memiliki kualitas dan sesuai yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak mengapa laba sedikit yang penting pelanggan terpuaskan.