Sunday, January 5, 2020

Ahli Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Pesawaran . Desa Tumang, Boyolali terletak diapit lereng gunung Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Desa tersebut dikenal sbg pusat pengrajin seni kuningan. Seni tempa kerajinan berbahan logam sudah menyatu pd publik Tumang, Boyolali. Lebih dari satu saudara Boyolali-Jawa Tengah membangun kerja di rumah kerajinan tembaga untuk dijual ke banyak konsumen. Keahlian mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa publik Tumang memulai kerja kerajinannya dengan sekadar menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, baskom, dan lain-lain tapi sekarang ini sudah berganti ke kerajinan logam untuk kebutuhan ornamen restoran, rumah, dan lain.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, sekarang, mulai memberi harapan dengan naiknya jumlah pesanan, baik pesanan daerah atau manca negara. Bisnis kerajinan ukir kuningan terus berkembang cepat. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di NKRI dan manca negara. Permintaan kerajinan logam mengalami kenaikan cukup signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya merupakan hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi internet maka ingin memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua daerah dan banyak negara. Teknologi internet sangat memudahkan para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong merupakan AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke bandaaceh. Tidak sekadar tersebut saja, AA Gallery jg mempromosikan produk kerajinan tembaga ke subulussalam.


Contoh Seni Kuningan merupakan lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, dan lainnya. Customer jg bisa memesan kerajinan logam kuningan sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt punya desain pribadi setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan logam tembaga tersebut. Harga kerajinan logam kuningan sangat bervariasi tapi AA Gallery ingin berupaya menawarkan harga yang pas. Harga kerajinan logam kuningan disebabkan oleh banyak variabel. Berikut ini ini merupakan beberapa variabel yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi sebab bahan baku yang dipakai juga banyak, demikian sebaliknya bertambah mini semestinya harganya semakin murah sebab bahan yang dipakai semakin sedikit), level kerumitan pembuatan ( bertambah sulit maka bertambah tinggi harganya, demikian sebaliknya bertambah tak sulit, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak pesanan semestinya juga murah), untuk pesanan dari daerah lain di luar Tumang semestinya akan dikenai biaya kirim.

Kendala para pengusaha kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Kondisi ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jikalau harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan logam tembaga jg naik. Permasalahan lain, pengusaha Boyolali-Jateng masih tergantung pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walau Demikian selama konsumen bisa menerima harga yang sudah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh sebab tersebut, ahli kerajinan tembaga tetap menginginkan stabilitas ekonomi tetap stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai ahli kerajinan logam tembaga wajib kreatif dan wajib menyesuaikan selera konsumen. Sekarang ini AA Gallery tdk sekadar menerima pesanan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan asesoris rumah tapi sudah bertambah pd projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berhubungan dengan design kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yang menyenangkan merupakan AA Gallery menerima kepercayaan untuk menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk sekadar satu saja melainkan banyak.

Islamic Center tersebut sudah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center tersebut maka setelah itu mjd pusat aktivitas dan ibadah bagi umat Islam di Sumatera Barat. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima pesanan kerajinan kuningan dari denpasar. Berbekal pengalaman berpuluh tahun th memproduksi seni logam, AA Gallery bertambah tahu metode guna menghasilkan seni logam yang memiliki kualitas dan cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting konsumen puas.