Sunday, January 5, 2020

Produsen Seni Logam Tembaga Melayani Pelanggan Kabupaten Buton Utara . Perkampungan Tumang, Cepogo lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg banyak dikenal . Perkampungan Tumang tsb disebut sbg sentra industri seni kuningan. Seni ukir kerajinan berbahan logam sudah menyatu pada publik Tumang, Cepogo. Beberapa saudara Jawa Tengah mendirikan usaha di rumah kerajinan logam untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Skill mengolah logam didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa publik Tumang memulai usaha kerajinannya dg cuma menghasilkan alat perkakas rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, teko, serta lainnya akan tetapi masa ini sudah berubah haluan ke kerajinan logam untuk keperluan asesoris cafe, gedung, serta lain.





Seni ukir tembaga serta kuningan di desa Tumang, Cepogo, masa ini, mulai menggeliat dg naiknya jumlah orderan, baik orderan daerah atau luar negeri. Usaha kerajinan ukir kuningan semakin tumbuh tak terkendali. Banyak orderan datang dari beragam daerah di Negeri Kita serta luar negeri. Permintaan kerajinan kuningan meningkat signifikan ini karena oleh banyak variabel, diantaranya adalah hadirnya teknologi cyber. Dengan hadirnya teknologi internet maka mau memudahkan para perajin kerajinan logam untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua daerah serta banyak negara. Teknologi internet sangat memudahkan para perajin kerajinan logam. Salah satu perajin kerajinan logam yg tertolong adalah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke bima. Tidak cuma itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pagaralam.


Contoh Seni Tembaga adalah robyong, relief, bowl, lampu dinding, ornamen masjid, bak mandi, serta lain-lain. Customer jg bisa memesan kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka dapat mempunyai rancangan pribadi setelah itu AA Gallery yg memproduksinya.


Mungkin sahaja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam sangat beragam akan tetapi AA Gallery mau berusaha memberikan harga yg menarik. Harga kerajinan logam dipengaruhi oleh banyak variabel. Banyak hal sbb ini adalah beberapa variabel yg memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal karena bahan baku yg digunakan juga banyak, demikian juga sebaliknya semakin mungil tentu saja harganya jg murah karena bahan yg digunakan jg sedikit), level kerumitan produksi ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian juga sebaliknya semakin gampang, harga jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari daerah lain tentu saja akan ditambah biaya kirim.

Permasalahan para industri kerajinan logam kuningan tak sedikit. Kondisi ekonomi yg tak stabil bisa memengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Kalau harga lempengan logam naik maka harga kerajinan logam kuningan akan naik. Permasalahan lain, industri Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan bisa memperoleh harga yg sudah diambil pengrajin tembaga maka industri tembaga bisa eksis meski minim untung. Oleh karena itu, produsen kerajinan tembaga kontinyu bermimpi stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg tak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai produsen kerajinan logam kuningan diwajibkan inovatif serta diwajibkan menyesuaikan keinginan pasar. Kini AA Gallery tak cuma memperoleh orderan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan dekorasi hotel tetapi sudah merambah pada pengerjaan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Berhubungan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan adalah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery selesaikan tak cuma satu sahaja akan tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang itu sudah diresmikan oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak diresmikannya Islamic Center di Padang Panjang itu maka kemudian menjadi sentra kegiatan serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak th 1990-an, masa ini AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh orderan kerajinan tembaga dari cilegon. Bermodalkan pengalaman berpuluh tahun th berkarya kerajinan kuningan, AA Gallery semakin paham metode untuk menghasilkan kerajinan kuningan yg ber-quality serta sesuai yg diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yg penting pelanggan terpuaskan.