Sunday, January 5, 2020

Ahli Seni Ukir Logam Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Sumba Barat Daya . Perkampungan Tumang, Boyolali lokasinya diapit kaki pegunungan Merapi and Merbabu yang terkenal . Perkampungan Tumang tsb diketahui sebagai pusat pengrajin seni ukir tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pada masyarakat Tumang, Boyolali. Lebih dari satu saudara Boyolali-Jawa Tengah membangun kerja di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke banyak pasar. Skill mengukir kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para pendahulunya. Tidak sedikit yang menjelaskan bahwa masyarakat Tumang memulai kerja kerajinannya dgn sekedar membuat alat keperluan rumah tangga seperti dandang, panci, teko, dan lain-lain tetapi saat ini telah berganti ke kerajinan logam kuningan buat keperluan interior masjid, rumah, dan lainnya.





Seni ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali, saat ini, mulai menggeliat dgn meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan daerah dan juga manca negara. Bisnis kerajinan ukir tembaga tetap tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan datang dari banyak daerah di NKRI dan manca negara. Permintaan kerajinan tembaga bertambah signifikan ini dikarenakan oleh banyak variabel, contohnya yaitu munculnya teknologi internet. Dengan munculnya teknologi internet maka ingin membantu para industri kerajinan kuningan buat mengenalkan kerajinan tembaganya ke semua daerah dan manca negara. Teknologi internet cukup membantu para industri kerajinan kuningan. Salah satu industri kerajinan kuningan yang tertolong yaitu AA Gallery. Sekarang ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan kuningan ke bima. Tak sekedar itu saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan tembaga ke ambon.


Contoh Seni Tembaga yaitu robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lainnya. Pembeli jg dapat mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat mempunyai design pribadi AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan kuningan itu. Harga kerajinan tembaga cukup bermacam-macam tetapi AA Gallery ingin berusaha menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yaitu beberapa variabel yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya bertambah mahal dikarenakan bahan baku yang digunakan juga banyak, demikian sebaliknya bertambah kecil tentunya harganya jg murah dikarenakan bahan yang digunakan jg sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah sulit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harga jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak pesanan tentunya juga murah), untuk pesanan dari daerah lainnya tentunya mau-tidak mau ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengrajin kerajinan kuningan tak sedikit. Stabilitas ekonomi yang tak stabil dapat memengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan baku jg memengaruhi harga kerajinan kuningan. Kalau harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan kuningan juga naik. Problem lainnya, pengrajin Cepogo masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tapi selama pelanggan dapat mendapat harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka pengrajin tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan itu, ahli kerajinan tembaga tetap berharap kondisi ekonomi tetap stabil jadi tak mengganggu kerja kerja kerajinan kuningan.

Sebagai ahli kerajinan kuningan wajib kreatif dan wajib menyesuaikan keinginan pasar. Sekarang ini AA Gallery tak sekedar mendapat pesanan kerajinan kuningan yang dibutuhkan buat keperluan dekorasi rumah namun telah merambah pada projek kubah masjid. Mengingat kubah masjid umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan desain kubah dapat menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan yaitu AA Gallery mendapat kepercayaan buat membuat dan memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tak sekedar satu saja akan tetapi sangat banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka setelah itu menjadi pusat kegiatan dan ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan tembaga dari gunung sitoli. Bermodal pengalaman puluhan tahun berkarya seni tembaga, AA Gallery bertambah mengerti teknik untuk membuat seni tembaga yang bermutu dan cocok yang diharapkan oleh seluruh pelanggan. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang penting pelanggan puas.