Sunday, January 5, 2020

Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Konsumen Kabupaten Sumba Barat . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya di antara lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang termahsyur . Perkampungan tersebut disebut sebagai sentra pengusaha seni ukir kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam tembaga telah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu keluarga Cepogo membangun bisnis rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke berbagai pasar. Keahlian mengukir tembaga diwarisi secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang memulai bisnis kerajinannya dg sekedar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga contohnya alat menanak nasi, panci, ceret, and lainnya tapi sekarang ini telah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan interior restoran, kantor, and lain.





Seni ukir tembaga and kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menarik dg meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal atau internasional. Bisnis kerajinan ukir kuningan semakin berkembang tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari berbagai daerah di NKRI and luar negeri. Pesanan kerajinan logam mengalami kenaikan signifikan ini dikarenakan oleh banyak faktor, contohnya adalah munculnya teknologi internet. Dg munculnya teknologi internet maka ingin memudahkan para ahli kerajinan tembaga buat mengenalkan kerajinan kuningannya ke semua daerah and berbagai negara. Teknologi internet begitu memudahkan para ahli kerajinan tembaga. Salah satu ahli kerajinan tembaga yang terbantu adalah AA Gallery. Saat ini AA Gallery dapat mengenalkan produk kerajinan tembaga ke denpasar. Tak sekedar tersebut saja, AA Gallery jg mengenalkan produk kerajinan kuningan ke yogyakarta.


Contoh Seni Logam Kuningan adalah robyong, relief, lampu stand, lampu dinding, ornamen masjid, air mancur, and lain-lain. Pelanggan jg dapat memesan kerajinan logam sesuai dg kemauannya. Mereka dapat mempunyai design sendiri lalu AA Gallery yang meujudkannya.


Mungkin saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan logam tersebut. Harga kerajinan logam begitu bermacam-macam tapi AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang kompetitif. Harga kerajinan logam disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya sbb ini adalah banyak faktor yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin tinggi dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan bertambah banyak, demikian juga sebaliknya semakin kecil tentunya harganya semakin murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kesulitan produksi ( semakin sulit maka semakin tinggi harganya, demikian juga sebaliknya semakin tak sulit, harganya jg juga murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentunya semakin murah), jika permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentunya mau-tidak mau dikenai biaya kirim.

Kendala para pengusaha kerajinan logam tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil dapat mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam juga mahal. Permasalahan lain, pengusaha Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Akan Tetapi selama pelanggan dapat mendapat harga yang telah ditentukan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga dapat eksis meskipun minim untung. Oleh dikarenakan tersebut, pengusaha kerajinan tembaga kontinyu berharap stabilitas ekonomi kontinyu stabil sehingga tdk mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam.

Sebagai pengusaha kerajinan logam diharuskan kreatif and diharuskan memantau permintaan prospek. Masa ini AA Gallery tdk sekedar mendapat permintaan kerajinan logam yang dibutuhkan buat kebutuhan eksterior hotel namun telah merambah pd pembuatan kubah masjid. Sehubungan kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka harga kubah masjid jg bernilai besar. Mengenai hiasan kubah dapat menyesuaikan kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang membanggakan adalah AA Gallery mendapat kepercayaan buat memproduksi and memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center tersebut. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tdk sekedar satu sahaja tetapi banyak.

Islamic Center di Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center di Padang Panjang tersebut maka kemudian mjd sentra kegiatan and ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapat permintaan kerajinan kuningan dari jambi. Bermodal pengalaman puluhan th berkarya seni tembaga, AA Gallery semakin tahu cara guna memproduksi seni tembaga yang bermutu and sesuai yang diinginkan oleh semua pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip meski untung sedikit yang urgen pelanggan terpuaskan.