Sunday, January 5, 2020

Pengusaha Seni Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Sarmi . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah lokasinya diapit lereng gunung Merapi dan Merbabu yang terkenal . Desa Tumang tersebut diketahui sbg sentra perajin kerajinan tembaga. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pada orang Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak keluarga Boyolali mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan untuk dipasarkan ke berbagai pasar. Ketrampilan menempa kuningan didapatkan secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekadar memproduksi alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, teko, & sebagainya walaupun demikian masa ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam kuningan untuk kebutuhan asesoris restoran, rumah, & lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga & kuningan di perkampungan Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai memberi harapan dgn meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan daerah maupun luar negeri. Kerja kerajinan ukir tembaga tetap berkembang tak terelakan. Banyak permintaan datang dari berbagai daerah di Republik Indonesia & luar negeri. Pesanan kerajinan logam kuningan bertambah cukup signifikan ini disebabkan oleh banyak parameter, contohnya ialah hadirnya teknologi website. Dgn hadirnya teknologi website maka ingin menolong para produsen kerajinan kuningan untuk mempromosikan kerajinan tembaganya ke semua daerah & manca negara. Teknologi website menolong para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang tertolong ialah AA Gallery. Kini AA Gallery bisa mempromosikan produk kerajinan tembaga ke dumai. Tak sekadar itu saja, AA Gallery juga mempromosikan produk kerajinan tembaga ke pagaralam.


Contoh Kerajinan Logam Tembaga ialah robyong, kerajinan relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, air mancur, & lain-lain. Pembeli juga bisa mengorder kerajinan tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dapat punya desain sendiri setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja banyak yang bertanya-tanya harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan tembaga beragam walaupun demikian AA Gallery ingin berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan tembaga disebabkan oleh banyak parameter. Berikut ini ialah lebih dari satu parameter yang memengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentunya harganya semakin mahal disebabkan bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mungil tentunya harganya jg murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), level kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya juga menjadi murah), jumlah pembelian ( semakin banyak permintaan tentunya semakin murah), untuk permintaan dari daerah lain tentunya akan ditambah biaya kirim.

Kendala para ahli kerajinan tembaga nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa memengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan juga memengaruhi harga kerajinan tembaga. Disaat harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan tembaga juga mahal. Permasalahan lain-lain, ahli Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga ingin berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama pelanggan bisa meraih harga yang telah diambil pengrajin tembaga maka ahli tembaga bisa eksis walau demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, pebisnis kerajinan tembaga tetap berdoa stabilitas ekonomi tetap stabil sehingga nggak mengganggu usaha usaha kerajinan tembaga.

Sebagai pebisnis kerajinan tembaga wajib kreatif & wajib memantau selera masyarakat. Masa ini AA Gallery nggak sekadar meraih permintaan kerajinan tembaga yang dibutuhkan untuk kebutuhan interior hotel tapi telah merambah pada pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya berukuran besar maka nilai projek kubah masjid juga dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa menyesuaikan keinginan pelanggan.

Pd bulan Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yang keren ialah AA Gallery meraih kepercayaan untuk memproduksi & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi nggak sekadar satu saja tapi cukup banyak.

Islamic Center itu telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak dibukanya Islamic Center itu maka setelah itu mjd sentra kegiatan & ibadah buat umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak thn 1990-an, masa ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk meraih permintaan kerajinan tembaga dari sorong. Berbekal pengalaman puluhan thn menghasilkan seni tembaga, AA Gallery semakin paham cara guna memproduksi seni tembaga yang bermutu & sesuai yang diinginkan oleh seluruh pelanggan. Berhubungan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yang penting pelanggan puas.