Sunday, January 5, 2020

Perajin Seni Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Tana Tidung . Kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah lokasinya diapit lereng pegunungan Merapi & Merbabu yang terkenal . Kampung tersebut diketahui sbg pusat pengusaha kerajinan kuningan. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah mendarah daging pd orang Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu saudara di sana memilih kerja di rumah kerajinan tembaga buat dijual ke beragam konsumen. Skill mengukir tembaga dipunyai secara turun-temurun dari orang tuanya. Banyak yang menyampaikan bahwa orang Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, panci, baskom, & sebagainya tetapi saat ini telah berubah haluan ke kerajinan logam kuningan buat kebutuhan eksterior cafe, rumah, & lainnya.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, baru-baru ini, mulai menggeliat dengan meningkatnya jumlah orderan, baik orderan lokal ataupun internasional. Kerja kerajinan ukir kuningan terus tumbuh pesat. Banyak orderan berdatangan dari beragam daerah di Negara Tercinta & luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami kenaikan sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya adalah munculnya teknologi dunia maya. Dengan munculnya teknologi internet maka akan menolong para pengrajin kerajinan tembaga buat mengiklankan kerajinan kuningannya ke seluruh daerah & banyak negara. Teknologi internet amat menolong para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong adalah AA Gallery. Masa Ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke parepare. Tdk hanya itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke pontianak.


Contoh Seni Logam adalah lampu gantung, relief, bowl, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, bak mandi, & lain-lain. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa mempunyai desain sendiri kemudian AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja banyak yang ingin tahu harga kerajinan logam tembaga itu. Harga kerajinan amat bermacam-macam tetapi AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang sesuai. Harga kerajinan ditentukan oleh banyak faktor. Antara lain ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, size kerajinan tembaga ( bertambah besar size kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah mahal disebabkan bahan baku yang digunakan semakin banyak, demikian sebaliknya bertambah mini tentu saja harganya juga murah disebabkan bahan yang digunakan juga sedikit), level kerumitan produksi ( bertambah rumit maka bertambah mahal harganya, demikian sebaliknya bertambah gampang, harganya jg menjadi murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak orderan tentu saja juga murah), untuk orderan dari daerah lain di luar Tumang tentu saja akan dikenai biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan logam tembaga tdk sedikit. Stabilitas ekonomi yang tdk stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam tembaga. Jika harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam tembaga akan mahal. Problem lainnya, perajin Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Tetapi selama konsumen bisa mendapatkan harga yang telah diputuskan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga selalu menginginkan kondisi ekonomi selalu stabil jadi tdk mengganggu kerja kerja kerajinan logam tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan logam tembaga wajib inovatif & wajib menyesuaikan permintaan prospek. Sekarang ini AA Gallery tdk hanya mendapatkan orderan kerajinan logam tembaga yang dibutuhkan buat kebutuhan dekorasi hotel tapi telah bertambah pd produksi kubah masjid. Sehubungan kubah masjid biasanya berukuran besar maka harga kubah masjid jg dapat dikatakan besar. Berkaitan dengan hiasan kubah bisa mengikuti kemauan konsumen.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang keren adalah AA Gallery mendapatkan kepercayaan buat menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat tdk hanya satu sahaja tapi banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah diresmikan oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center Padang Panjang itu maka selanjutnya mjd pusat kegiatan & ibadah bagi umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi masyarakat Padang Panjang.

Sesudah memiliki pengalaman sejak tahun 1990-an, saat ini AA Gallery meningkat percaya diri untuk mendapatkan orderan kerajinan kuningan dari palembang. Bermodal pengalaman berpuluh tahun tahun menghasilkan kerajinan tembaga, AA Gallery bertambah paham teknik guna menghasilkan kerajinan tembaga yang berkualiti & cocok yang diinginkan oleh semua konsumen. Mengenai harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang urgen konsumen terpuaskan.