Sunday, January 5, 2020

Perajin Seni Logam Tembaga Melayani Prospek Kabupaten Teluk Bintuni . Desa Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada di antara lereng pegunungan Merapi dan Merbabu yg termahsyur . Desa tersebut dikenal sebagai pusat ahli seni ukir kuningan. Estetika tempa kerajinan berbahan logam kuningan telah menyatu pd masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Lebih dari satu family Boyolali-Jawa Tengah memilih bisnis di rumah kerajinan tembaga untuk dipasarkan ke beragam konsumen. Ketrampilan mengolah tembaga didapatkan secara turun-temurun dari pendahulunya. Tidak sedikit yg menceritakan bahwa masyarakat Tumang memulai bisnis kerajinannya dengan sekadar membuat alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, baskom, serta lainnya tapi saat ini telah bertolak ke kerajinan logam kuningan untuk keperluan eksterior hotel, rumah, serta lainnya.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, masa ini, mulai bergairah dengan naiknya permintaan, baik permintaan nasional dan juga manca negara. Kerja kerajinan ukir kuningan terus tumbuh cepat. Banyak permintaan berdatangan dari beragam daerah di Republik Indonesia serta luar negeri. Orderan kerajinan logam tembaga mengalami penambahan signifikan ini sebab oleh banyak variabel, contohnya yakni munculnya teknologi cyber. Dg munculnya teknologi website maka mau menolong para industri kerajinan tembaga untuk mengiklankan kerajinan kuningannya ke semua daerah serta berbagai negara. Teknologi website menolong para industri kerajinan tembaga. Salah satu industri kerajinan tembaga yg tertolong yakni AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan tembaga ke tanjung pinang. Nggak sekadar tersebut saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke palopo.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, kubah masjid, bak mandi, serta lain-lain. Customer juga bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka dpt mempunyai rancangan pribadi AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin sahaja banyak yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan tersebut. Harga kerajinan logam tembaga bermacam-macam tapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak variabel. Dibawah ini ini yakni banyak variabel yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan baku kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( semakin besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya semakin mahal sebab bahan baku yg dimanfaatkan juga banyak, demikian sebaliknya semakin mini tentu saja harganya juga murah sebab bahan yg dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin sulit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tak sulit, harganya juga juga murah), kuantitas ( semakin banyak permintaan tentu saja juga murah), jika permintaan dari daerah lainnya di luar Tumang tentu saja otomatis ditambah biaya kirim.

Problem para perajin kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Kondisi ekonomi yg tidak stabil bisa memengaruhi jumlah permintaan. Harga bahan baku juga memengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan tembaga mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Permasalahan lainnya, perajin Jateng masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama pelanggan bisa mendapatkan harga yg telah ditentukan pengrajin tembaga maka perajin tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh sebab tersebut, perajin kerajinan tembaga kontinyu menginginkan stabilitas ekonomi kontinyu stabil jadi tidak mengganggu bisnis bisnis kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan wajib kreatif serta wajib memantau permintaan pasar. Kini AA Gallery tidak sekadar mendapatkan permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan eksterior kantor tetapi telah bertambah pd produksi kubah masjid. Mengingat kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid juga bernilai besar. Berkaitan dengan ukiran kubah bisa mengikuti kemauan pelanggan.

Pada bulan Ferbuari 2018 yg lalu, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg membanggakan yakni AA Gallery mendapatkan kepercayaan untuk membuat serta memasang kubah masjid tembaga untuk Masjid di Padang Panjang tersebut. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery produksi tidak sekadar satu saja tetapi begitu banyak.

Islamic Center Padang Panjang tersebut telah dibuka oleh Bapak Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia masa itu. Sejak dibukanya Islamic Center Padang Panjang tersebut maka setelah itu mjd pusat kegiatan serta ibadah buat umat Islam di Padang Panjang. Masjid tersebut mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Setelah berpengalaman semenjak thn 1990-an, saat ini AA Gallery bertambah percaya diri untuk mendapatkan permintaan kerajinan kuningan dari malang. Dengan modal pengalaman puluhan thn membuat seni tembaga, AA Gallery semakin mengerti metode untuk membuat seni tembaga yg ber-quality serta cocok yg diharapkan oleh semua pelanggan. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yg urgen pelanggan puas.