Sunday, January 5, 2020

Produsen Seni Kuningan Melayani Pasar Kabupaten Labuhan Batu Utara . Perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah berada diapit kaki gunung Merapi & Merbabu yang terkenal . Perkampungan Tumang tsb disebut sebagai sentra bisnis seni tembaga. Keindahan tempa kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pada masyarakat Tumang, Boyolali-Jawa Tengah. Banyak family Boyolali-Jawa Tengah membangun kerja rumahan kerajinan tembaga buat dijual ke berbagai konsumen. Skill menempa tembaga dipunyai secara turun-temurun dari para pendahulunya. Banyak yang menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali kerja kerajinannya dengan hanya menghasilkan alat keperluan rumah tangga misalnya dandang, wajan, teko, dan lainnya tapi sekarang ini telah mengubah haluan ke kerajinan logam buat keperluan ornamen hotel, gedung, dan lainnya.





Kerajinan ukir tembaga dan kuningan di perkampungan Tumang, Boyolali-Jawa Tengah, saat ini, mulai bergairah dengan meningkatnya jumlah pesanan, baik pesanan lokal ataupun luar negeri. Bisnis kerajinan ukir tembaga selalu tumbuh tak terkendali. Banyak pesanan datang dari berbagai daerah di Republik Indonesia dan luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan semakin sangat signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya ialah hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya teknologi internet maka mau menolong para pengrajin kerajinan tembaga buat mengiklankan produknya ke seluruh daerah dan banyak negara. Teknologi internet begitu menolong para pengrajin kerajinan tembaga. Salah satu pengrajin kerajinan tembaga yang tertolong ialah AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke batam. Tdk hanya itu saja, AA Gallery jg mengiklankan produk kerajinan tembaga ke palu.


Contoh Kerajinan Logam Kuningan ialah lampu gantung, relief, lampu stand, lampu dinding, logo, ornamen masjid, bak mandi, dan lain-lain. Pelanggan jg bisa mengorder kerajinan logam kuningan sesuai dengan keinginannya. Mereka bisa mempunyai desain sendiri setelah itu AA Gallery yang membuatnya.


Mungkin saja tidak sedikit yang menanyakan harga kerajinan tembaga itu. Harga kerajinan logam kuningan begitu beraneka ragam tapi AA Gallery mau berupaya menawarkan harga yang menarik. Harga kerajinan logam kuningan ditentukan oleh banyak faktor. Diantaranya sebagai berikut ini ialah lebih dari satu faktor yang menyebabkan harga kerajinan tembaga : kualiti bahan kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( semakin besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya semakin mahal disebabkan bahan yang dimanfaatkan jg banyak, demikian sebaliknya semakin mini semestinya harganya juga murah disebabkan bahan yang dimanfaatkan juga sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( semakin rumit maka semakin mahal harganya, demikian sebaliknya semakin tidak sulit, harganya jg juga murah), kuantitas ( semakin banyak pesanan semestinya semakin murah), jika pesanan dari daerah lainnya semestinya auto ditambah biaya kirim.

Permasalahan para pengusaha kerajinan tembaga tak sedikit. Kondisi ekonomi yang tak stabil bisa mempengaruhi jumlah pesanan. Harga bahan jg mempengaruhi harga kerajinan tembaga. Ketika harga lempengan tembaga naik maka harga kerajinan tembaga juga naik. Problem lainnya, pengusaha Cepogo-Boyolali masih pada bahan baku dari luar daerah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Namun selama customer bisa mendapat harga yang telah ditetapkan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun minim untung. Oleh disebabkan itu, pengusaha kerajinan tembaga selalu ingin stabilitas ekonomi selalu stabil shngg tak mengganggu kerja kerja kerajinan tembaga.

Sebagai pengusaha kerajinan tembaga harus inovatif dan harus menyesuaikan keinginan prospek. Sekarang ini AA Gallery tak hanya mendapat pesanan kerajinan tembaga yang dibutuhkan buat keperluan eksterior kantor namun telah bertambah pada pembuatan kubah masjid. Berhubung kubah masjid pada umumnya ukurannya besar maka nilai proyek kubah masjid jg terbilang besar. Tentang design kubah bisa menyesuaikan kemauan customer.

Pd bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang telah diresmikan. Salah satu hal yang menyenangkan ialah AA Gallery mendapat kepercayaan buat menghasilkan dan memasang kubah masjid tembaga pada Masjid di Padang Panjang itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery produksi tak hanya satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu mjd sentra aktivitas dan ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Indonesia.

Sesudah berpengalaman semenjak th 1990-an, sekarang ini AA Gallery semakin percaya diri untuk mendapat pesanan kerajinan kuningan dari banjarbaru. Berbekal pengalaman puluhan th memproduksi seni tembaga, AA Gallery semakin paham cara untuk menghasilkan seni tembaga yang memiliki kualitas dan sesuai yang diinginkan oleh semua customer. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip tidak masalah laba sedikit yang penting customer puas.