Sunday, January 5, 2020

Industri Seni Ukir Kuningan Melayani Prospek Kabupaten Banggai . Perkampungan Tumang, Jateng posisinya diapit kaki gunung Merapi and Merbabu yang terkenal itu. Perkampungan Tumang tersebut diketahui sebagai sentra produsen seni tembaga. Seni tempa kerajinan berbahan logam tembaga sudah mendarah daging pd orang Tumang, Jateng. Beberapa family Cepogo-Jawa Tengah membangun usaha di rumah kerajinan kuningan buat dipasarkan ke bermacam pasar. Keahlian mengolah kuningan dipunyai secara turun-temurun dari sesepuhnya. Banyak yang menjelaskan bahwa orang Tumang mengawali usaha kerajinannya dgn sekadar membuat alat keperluan rumah tangga misalnya alat menanak nasi, wajan, alat merebus air, serta sebagainya walaupun demikian kini sudah berubah haluan ke kerajinan logam tembaga buat kebutuhan interior masjid, kantor, serta lain-lain.





Kerajinan ukir tembaga serta kuningan di kampung Tumang, Jateng, sekarang ini, mulai bergairah dgn naiknya orderan, baik orderan lokal dan juga manca negara. Usaha kerajinan ukir tembaga selalu berkembang cepat. Banyak orderan berdatangan dari bermacam wilayah di NKRI serta luar negeri. Permintaan kerajinan logam kuningan bertambah signifikan ini dikarenakan oleh banyak parameter, diantaranya yakni adanya teknologi dunia maya. Dengan adanya teknologi website maka akan memudahkan para produsen kerajinan kuningan buat menawarkan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah serta berbagai negara. Teknologi website cukup memudahkan para produsen kerajinan kuningan. Salah satu produsen kerajinan kuningan yang terbantu yakni AA Gallery. Saat ini AA Gallery bisa menawarkan produk kerajinan kuningan ke jakarta pusat. Tdk sekadar itu saja, AA Gallery jg menawarkan produk kerajinan tembaga ke tanjung balai.


Contoh Kerajinan Kuningan yakni lampu gantung, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, logo, kubah masjid, air mancur, serta lain-lain. Pembeli jg bisa mengorder kerajinan logam tembaga sesuai dgn kemauannya. Mereka dpt punya desain pribadi setelah itu AA Gallery yang mengerjakannya.


Mgkn saja tidak sedikit yang bertanya-tanya harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga cukup bervariasi walaupun demikian AA Gallery akan berusaha memberikan harga yang menarik. Harga kerajinan logam tembaga ditentukan oleh banyak parameter. Contohnya berikut ini ini yakni beberapa parameter yang mempengaruhi harga kerajinan tembaga : kualitas bahan kerajinan, besaran kerajinan tembaga ( bertambah besar besaran kerajinan tembaga tentu saja harganya bertambah tinggi dikarenakan bahan baku yang dimanfaatkan juga banyak, demikian jg sebaliknya bertambah kecil tentu saja harganya jg murah dikarenakan bahan yang dimanfaatkan jg sedikit), tingkat kesulitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah gampang, harganya jg semakin murah), kuantitas ( bertambah banyak orderan tentu saja semakin murah), jika orderan dari wilayah lainnya tentu saja mau-tidak mau dikenai ongkir.

Problem para pengusaha kerajinan logam kuningan nggak sedikit. Kondisi ekonomi yang nggak stabil bisa mempengaruhi banyaknya orderan. Harga bahan baku jg mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Disaat harga lempengan kuningan naik maka harga kerajinan logam kuningan juga naik. Problem lain-lain, pengusaha Cepogo-Jawa Tengah masih tergantung pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga akan berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa menerima harga yang sudah diputuskan pengrajin tembaga maka pengusaha tembaga bisa eksis walaupun demikian minim untung. Oleh dikarenakan itu, perajin kerajinan tembaga kontinyu ingin stabilitas ekonomi kontinyu stabil shngg nggak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai perajin kerajinan logam kuningan diharuskan kreatif serta diharuskan menyesuaikan selera pasar. Saat ini AA Gallery nggak sekadar menerima orderan kerajinan logam kuningan yang dibutuhkan buat kebutuhan hiasan hotel tapi sudah merambah pd pembuatan kubah masjid. Mengingat kubah masjid biasanya ukurannya besar maka nilai projek kubah masjid jg bernilai besar. Berkaitan dengan design kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pada bln Ferbuari 2018 yang lalu, Islamic Center Padang Panjang sudah diresmikan. Salah satu hal yang keren yakni AA Gallery menerima kepercayaan buat membuat serta memasang kubah masjid tembaga pd Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yang AA Gallery buat nggak sekadar satu saja akan tetapi banyak.

Islamic Center itu sudah dibuka oleh ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak diresmikannya Islamic Center itu maka kemudian mjd sentra aktivitas serta ibadah umat Islam di Padang Panjang. Masjid itu mjd kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Sesudah berpengalaman semenjak tahun 1990-an, kini AA Gallery bertambah percaya diri untuk menerima orderan kerajinan tembaga dari pekalongan. Dengan bekal pengalaman puluhan tahun membuat seni tembaga, AA Gallery bertambah tahu teknik untuk membuat seni tembaga yang ber-quality serta cocok yang diinginkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walaupun untung sedikit yang penting konsumen terpuaskan.