Sunday, January 5, 2020

Industri Seni Ukir Logam Melayani Konsumen Kabupaten Tanah Datar . Desa Tumang, Cepogo-Jawa Tengah berada di antara lereng gunung Merapi and Merbabu yg termahsyur . Desa Tumang tersebut diketahui sbg sentra produsen seni tembaga. Keindahan ukir kerajinan berbahan logam telah mendarah daging pd masyarakat Tumang, Cepogo-Jawa Tengah. Banyak saudara Jawa Tengah mendirikan usaha di rumah kerajinan kuningan untuk ditawarkan ke banyak konsumen. Ketrampilan mengolah kuningan didapati secara turun-temurun dari para sesepuhnya. Tidak sedikit yg menyampaikan bahwa masyarakat Tumang mengawali usaha kerajinannya dengan hanya menghasilkan alat kebutuhan rumah tangga seperti alat menanak nasi, wajan, baskom, & lain-lain walau demikian sekarang telah bertolak ke kerajinan logam untuk keperluan eksterior masjid, rumah, & lain-lain.





Seni ukir tembaga & kuningan di kampung Tumang, Cepogo-Jawa Tengah, akhir-akhir ini, mulai menarik dengan meningkatnya jumlah permintaan, baik permintaan lokal dan juga internasional. Bisnis kerajinan ukir tembaga semakin berkembang tak terelakan. Banyak permintaan berdatangan dari banyak wilayah di Negara Kita & manca negara. Orderan kerajinan logam mengalami penambahan signifikan ini disebabkan oleh banyak faktor, contohnya ialah adanya teknologi internet. Dengan adanya teknologi website maka mau memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan untuk mengiklankan kerajinan tembaganya ke seluruh wilayah & banyak negara. Teknologi website amat memudahkan para pengrajin kerajinan kuningan. Salah satu pengrajin kerajinan kuningan yg tertolong ialah AA Gallery. Sekarang AA Gallery bisa mengiklankan produk kerajinan kuningan ke banjarbaru. Tdk hanya itu saja, AA Gallery juga mengiklankan produk kerajinan tembaga ke yogyakarta.


Contoh Seni Logam Tembaga ialah kerajinan kaligrafi, robyong, kerajinan relief, lampu stand, lampu dinding, lampu meja, logo, kubah masjid, air mancur, & lain-lain. Pelanggan juga bisa memesan kerajinan logam tembaga sesuai dengan kemauannya. Mereka bisa punya rancangan sendiri kemudian AA Gallery yg mengerjakannya.


Mungkin saja tidak sedikit yg menanyakan harga kerajinan logam kuningan itu. Harga kerajinan logam tembaga amat bervariasi walau demikian AA Gallery mau berusaha menawarkan harga yg sesuai. Harga kerajinan logam tembaga dipengaruhi oleh banyak faktor. Dibawah ini ini ialah banyak faktor yg menyebabkan harga kerajinan tembaga : mutu bahan baku kerajinan, ukuran kerajinan tembaga ( bertambah besar ukuran kerajinan tembaga semestinya harganya bertambah tinggi disebabkan bahan baku yg dimanfaatkan jg banyak, demikian jg sebaliknya bertambah mungil semestinya harganya semakin murah disebabkan bahan yg dimanfaatkan semakin sedikit), tingkat kerumitan pembuatan ( bertambah rumit maka bertambah tinggi harganya, demikian jg sebaliknya bertambah tidak sulit, harga juga juga murah), jumlah pembelian ( bertambah banyak permintaan semestinya juga murah), untuk permintaan dari wilayah lainnya di luar Tumang semestinya secara otomatis ditambah ongkir.

Problem para produsen kerajinan logam kuningan tidak sedikit. Stabilitas ekonomi yg tidak stabil bisa mempengaruhi banyaknya permintaan. Harga bahan baku juga mempengaruhi harga kerajinan logam kuningan. Ketika harga lempengan kuningan mahal maka harga kerajinan logam kuningan juga mahal. Permasalahan lain-lain, produsen Jateng masih pada bahan baku dari luar wilayah Tumang sehingga ketersediaan pasokan bahan baku dari luar juga mau berdampak pada harga kerajinan tembaga. Walaupun Demikian selama konsumen bisa memperoleh harga yg telah diambil pengrajin tembaga maka produsen tembaga bisa eksis walau minim untung. Oleh disebabkan itu, pebisnis kerajinan tembaga terus-menerus bermimpi stabilitas ekonomi terus-menerus stabil sehingga tidak mengganggu usaha usaha kerajinan logam kuningan.

Sebagai pebisnis kerajinan logam kuningan diwajibkan inovatif & diwajibkan memantau keinginan konsumen. Sekarang ini AA Gallery tidak hanya memperoleh permintaan kerajinan logam kuningan yg dibutuhkan untuk keperluan asesoris rumah tetapi telah bertambah pd pengerjaan kubah masjid. Berhubung kubah masjid umumnya ukurannya besar maka harga kubah masjid juga terbilang besar. Berhubungan dengan design kubah bisa menyesuaikan kemauan konsumen.

Pd bulan Ferbuari 2018 yg lampau, Islamic Center Padang Panjang telah dibuka. Salah satu hal yg menyenangkan ialah AA Gallery memperoleh kepercayaan untuk menghasilkan & memasang kubah masjid tembaga buat Masjid di Islamic Center itu. Kubah masjid tembaga yg AA Gallery buat tidak hanya satu sahaja tetapi sangat banyak.

Islamic Center Padang Panjang itu telah dibuka oleh Zulkifli Hasan ketua MPR Indonesia pada waktu itu. Semenjak dibukanya Islamic Center Padang Panjang itu maka setelah itu menjadi sentra aktivitas & ibadah umat Islam di Sumatera Barat. Masjid itu menjadi kebanggaan bagi warga Padang Panjang.

Setelah berpengalaman sejak th 1990-an, sekarang AA Gallery semakin percaya diri untuk memperoleh permintaan kerajinan kuningan dari batu. Dengan bekal pengalaman puluhan th memproduksi seni kuningan, AA Gallery bertambah tahu metode untuk menghasilkan seni kuningan yg berkualitas & cocok yg diharapkan oleh seluruh konsumen. Berkaitan dengan harga, AA Gallery berprinsip walau untung sedikit yg penting konsumen terpuaskan.